Thursday, July 21, 2011

Upgrade Samsung Galaxy Mini ke Android v2.3 Gingerbread


Berbekal ilmu dari sini http://androidflip.com/how-to-update-samsung-galaxy-mini-android-234-gingerbread-step-step-guide/ dan handphone pinjeman yang siap diperkosa, saya berkeyakinan inilah saatnya mencoba menikmati OS Android terbaru (v2.3/ gingerbread) dengan samsung galaxy mini. Konon katanya update terbaru ini bakal bikin Gtalk lebih mantab, perbaikan perfomance dan layar sentuh lebih responsif. Oke, inilah bahan-bahan yang diperlukan.

Requirements
1. Download update file dari Mediafire atawa Hotfile link atawa 4shared
2. Download Odin 4.38 dari sini

Disclaimer: Saya dan situs rujukan saya tidak bertanggung jawab atas kematian mendadak pada handphone anda setelah mengikuti tutorial ini.

Warnings
1. Pastikan sisa baterai setidaknya 80% dan sangat disarankan melakukan ini pada komputer yang terhubung ke UPS agar tidak terjadi hil-hil yang tidak diinginkan...

2. Install Samsung Kies versi terbaru di PC, konekin ke internet, lalu update dengan revisi terbaru. Update juga driver di PC.

Dan... inilah langkah-langkahnya..!

1. Matikan telepon. Kalau perlu cabut SIM card dan SD card.

2. Extract file update ke suatu tempat yang mudah ditemukan. (passwordnya: samfirmware.com)

3. Buka Odin MultiDownloader di PC, yakinkan anda mencentang Protect OPS Auto Reboot. Klik OPS arahkan/ browse ke file .Ops (seharusnya ada di file hasil extract-an, jika tidak, download disini; http://hotfile.com/dl/112245631/62ba9aa/TASS_v1.0.ops.html)

Klik BOOT lalu browse dan pilih file APBOOT
Klik PHONE lalu browse dan pilih file MODEM
Klik PDA lalu browse dan pilih file CODE
Klik CSC lalu browse dan pilih file CSC
Note : Biarkan bagian EFS kosong

4. Sebelum dikonekkan, handphone harus berada dalam kondisi 'download' mode, dengan cara menekan Tombol Tengah (OK Key) + Tombol Volume Turun lalu Tombol Power berbarengan.

Note : Jangan teruskan jika anda gagal masuk ke mode Download.

5. Konekkan handphone ke PC. Jika handphone anda terhubung dengan benar, port COM di Odin Multi Downloader akan berubah kuning, klik START.

6. Tunggu sekitar 5 menit, handphone anda akan reboot dengan sendiri setelah instalasi sukses. Kotak port COM akan berubah jadi biru dan menampilkan tulisan “PASS” yang artinya proses flash telah berjalan sukses.

7. Yess... ohh my god...!

Note : Phonebook di handphone kosong setelah ini. Jadi pastikan data kontak sudah di backup.

Waktu dihidupkan pertama kali setelah berhasil di upgrade ke Gingerbread, handphone jadi berbahasa Rusia. Tapi bisa dirubah dengan gampang ke bahasa Inggris dengan bantuan hapalan bentuk-bentuk ikonnya. ;-)

No comments: